FENOMENA PENDIDIKAN DI INDONESIA DAN PSIKOLOGI PENDIDIKAN

07.09

HASIL DISKUSI KELOMPOK 6
PSIKOLOGI PENDIDIKAN


Oleh:

Asyifa Rizvi Al-Miraza                 161301157


"Bagaimana pendapat kelompok tentang kewajiban mahasiswa belajar matkul psikologi pendidikan dan harus membuat email dan blog dikaitkan dengan fenomena pendidikan di Indonesia, terutama Medan."

Pendidikan merupakan faktor penting dalam mendukung kemajuan bangsa dan negara. Kalimat "Setiap warga negara berhak mendapat pendidikan" yang termaktub dalam Pasal 31 ayat 1 juga cukup menguatkan bagaimana negara memandang pentingnya pendidikan.
Pendidikan di indonesia sendiri masih banyak kekurangannya mulai dari sistem, tenaga pengajar dan juga moral siswa yang semakin terkikis oleh pengaruh modern. Indonesia berusaha terus meningkatkan mutu pendidikan dengan melakukan peubahan metode pembelajaran dan penilaiannya, seperti perbaikan dan pembaharuan kurikulum yang sering dilakukan. Sebenarnya menurut kelompok, tidak hanya sistem yang mesti diubah tapi juga pada aspek pengajarnya.
Sistem dan kurikulum yang telah dibuat sedemikian rupa sistematisnya untuk menaikkan kualitas pendidikan di Indonesia tidak akan terwujud jika para tenaga pengajar saja masih mengajar dengan sistem lama. Para guru adalah tombak bagi pendidikan Indonesia. Sistem mengajar guru yang masih pasif dan tidak kreatif menjadi masalah pendidikan. Dimana seharusnya guru bisa memaksimalkan siswa dalam proses mengajar agar dapat menjadikan siswa yang berkualitas.
Di dalam proses mengajar dan belajar guru semestinya dapat menentukan pendekatan yangg efektif terhadap para siswa. Memang setiap karakter siswa itu berbeda, kegemaran, keahlian dan bakat semua punya keunikan masing-masing. Untuk memaksimalkan itu psikologi pendidikan dapat membantu dengan menemukan metode pembelajaran apa yang sekira sesuai dingunakan oleh tenaga pengajar dan juga memotivasi murid dalam belajar. Membantu menemukan bakat dan minat serta keahlian murid dapat memajukan pendidikan di Indonesia.
Perihal pendidikan bukan hanya sekadar mendirikan sekolah, membuat kurikulum, mengatur sistem yang baik dan menjamin kecerdasan anak bangsa dengan mengajarkan ilmu-ilmu pasti. Ada hal yang tidak kalah penting yang harus diperhatikan dalam melaksanakan pendidikan, yaitu penanaman moral, etika dan membangun karakter yang menjadikan generasi penerus bangsa tidak hanya cerdas otaknya tapi juga baik perilakunya.
Hal ini berkorelasi jika kita kaitkan dengan kewajiban mahasiswa psikologi untuk mengambil mata kuliah psikologi pendidikan. Mahasiswa psikologi yang diwajibkan mengambil mata kuliah psikologi pendidikan diharapkan nantinya dapat menjadi agen perubahan, baik untuk dirinya sendiri maupun orang lain, memahami bagaiamana seharusnya pendidikan dijalankan, dan mampu menerapkan ilmunya untuk memperbaiki perilaku pendidik dan anak didiknya.
Kemajuan teknologi cukup mempengaruhi sistematika pendidikan di Indonesia. Di era globalisasi ini, proses belajar mengajar tidak hanya dapat dilakukan dengan tatap muka di kelas, tetapi juga via online atau memanfaatkan jaringan internet yang dapat menghubungkan pendidik dan anak didiknya dalam jarak yang jauh.
Pada mata kuliah psikologi pendidikan ini, mahasiswa diminta untuk membuat email dan blog. Hal ini tentu saja sangat berguna untuk kemudahan proses perkuliahan. Email yang dibuat dapat digunakan untuk mengumpulkan tugas-tugas pada dosen tanpa harus bertemu langsung, cukup efektif dan efisien serta menghemat uang yang harusnya dikeluarkan untuk mencetak tugas. Blog yang dibuat juga berguna sebagai sarana mahasiswa menyampaikan aspirasi agar dilihat oleh masyarakat luas. 
Fenomena pendidikan di Indonesia khususnya di Medan yang cukup memprihatinkan, dikarenakan pesatnya kemajuan teknologi tidak sejalan dengan kemajuan pola pikir siswa dalam belajar. Fasilitas yang mereka dapatkan untuk memudahkan proses belajar mengajar justru membuat mereka terlena, tidak termotivasi dan berpikir kreatif. Untuk itu, mempelajari psikologi pendidikan sangat membantu mahasiswa dalam memahamkan masyarakat awam—dengan menggunakan blog sebagai sarana penyampaian aspirasi dan pengetahuan—dan juga para pengajar bagaimana mengelola kelas dan memotivasi siswa untuk belajar dengan baik.
Sekian pendapat dari kelompok 6 tentang urgensi mahasiswa Psikologi mempelajari mata kuliah Psikologi Pendidikan. Semoga bermanfaat di kemudian hari. Terima kasih. Wassalam.


You Might Also Like

0 komentar