Cara Mudah Menggunakan Hyperlink pada Microsoft Power Point

21.35



Assalamu’alaikum wr.wb
Hai teman-teman sekaliaan J

Saya kembali dengan bahasan baru yang beda dari sebelumnya. Kali ini saya akan membahas salah satu fungsi yang ada di Microsoft Power Point yaitu Hyperlink. Sudah pada tahu? Atau baru dengar dan belum pernah mencoba? Hyperlink ini cukup membantu kita untuk menautkan slide yang satu dengan yang lainnya tanpa harus berurutan dan juga menautkan slide pada file lain (seperti gambar, audio, dan video). Dan kita bisa melakukannya hanya dengan satu kali double click loh! Mau tau??
Tapi, sebelum saya membahas lebih lanjut, teman-teman sudah kenal dengan Microsoft Power Point bukan?



Microsoft PowerPoint atau Microsoft Office PowerPoint atau PowerPoint adalah sebuah program komputer untuk presentasi yang dikembangkan oleh Microsoft di dalam paket aplikasi kantoran mereka, Microsoft Office, selain Microsoft Word, Excel, Access dan beberapa program lainnya. PowerPoint berjalan di atas komputer PC berbasis sistem operasi Microsoft Windows dan juga Apple Macintosh yang menggunakan sistem operasi Apple Mac OS, meskipun pada awalnya aplikasi ini berjalan di atas sistem operasi Xenix. Aplikasi ini sangat banyak digunakan, apalagi oleh kalangan perkantoran dan pebisnis, para pendidik, siswa, dan trainer.
Microsoft PowerPoint adalah salah satu program aplikasi Microsoft Office yang berguna untuk membuat presentasi dalam bentuk slide. Aplikasi ini biasanya digunakan untuk keperluan presentasi, mengajar, dan untuk membuat animasi sederhana. Hadirnya Powerpoint menggantikan cara presentasi kuno yaitu dengan transparasi proyektor atau biasa disebut OHP (Over Head Proyector). Dengan adanya Ms Powerpoint, membuat presentasi menjadi sangat mudah karena didukung dengan fitur fitur yang canggih dan menarik.
Dimulai pada versi Microsoft Office System 2003, Microsoft mengganti nama dari sebelumnya Microsoft PowerPoint saja menjadi Microsoft Office PowerPoint. Lalu, pada Office 2013, namanya cukup disingkat PowerPoint. Versi terbaru dari PowerPoint adalah versi 15 (Microsoft Office PowerPoint 2013), yang tergabung ke dalam paket Microsoft Office 2013.
Nah, Power Point ini sangat membantu kita untuk melakukan presentasi. Apalagi untuk para pelajar dan mahasiswa yang kebanyakan dari tugasnya adalah makalah dan presentasi. Power Point bakal jadi andalan kalian untuk presentasi di kelas J

Fungsi Hyperlink pada Microsoft Power Point
Sekarang kita sampai pada bahasan ini kita, yaitu fungsi hyperlink. Hyperlink dalam Microsoft Power Point terdapat pada tab Insert. Berikut akan dijabarkan langkah-langkah penggunaan hyperlink pada Microsoft Power Point.

1.      Pertama sekali kita harus membuka file Microsoft Power Point. Dan yang saya contohkan adalah salah satu tugas saya. Kita langsung aja block salah satu tulisan, atau boleh juga kalau ingin pakai shape. Lalu, kita pilih Action. Bisa dilihat pada gambar berikut:



2.       Setelah klik Action akan muncul kotak dialog seperti gambar di bawah. Teman-teman bisa pilih akan ditautkan ke slide yang mana. Pada contoh di bawah saya menautkan pada slide terakhir.


 
Setelah klik ok maka tulisan akan berubah menjadi bergaris bawah dan akan muncul kursor yang berbeda saat diarahkan pada tulisan tersebut.





3.      Jika ingin menautkannya pada file tertentu, maka kita pilih Other File. Lalu pilih file mana yang akan kita tautkan.


 



Setelah kita pilih file dan klik ok, maka file akan terbuka saat kita melakukan double click pada tulisan yang kita block tadi. Tulisan akan bergaris bawah dan kursor akan berubah.



Tadaaaa :D begitulah cara menggunakan hyperlink pada Microsoft Power Point. Simple kan?? Boleh langsung dicoba supaya presentasi kamu makin oke!

Sekian penjelasan dari saya, mohon maaf masih banyak kekurangan di sana-sini. Kalau ada kritik dan saran bahkan ilmu yang lebih baik monggo di share melalui kolom komen di bawah. Terima kasih telah membaca J wassalamu’alaikum wr.wb….

You Might Also Like

0 komentar