Golongan Darah dan Psikologi

18.02

Assalamu'alaikum wr.wb
Selamat Pagi para pembaca...

Saya akan membahas sedikit tentang fenomena yang sering saya hadapi di kehidupan sehari-hari, tentang adakah kaitannya golongan darah dengan kepribadian seseorang?

Banyak postingan di Social Media yang saya temui tentang jenis golongan darah dengan berbagai macam kepribadiannya. Misalkan, golongan darah A memiliki karakter pekerja keras, B memiliki karakter yang tidak mau kalah, AB memiliki karakter yang asyik dengan dunianya sendiri dan O memiliki karakter yang fleksibel dan kuat.

Benarkah begitu adanya? Sejauh yang saya pelajari di Psikologi, faktor pengaruh kepribadian terbagi dua, internal dan eksternal.

Faktor Internal yang memperngaruhi kepribadian manusia adalah GEN dan HORMON. Gen adalah pewarisan sifat dari orang tua kepada anak, baik secara fisiologis maupun psikologis. Orang tua yang tempramen akan menurunkan sifat tempramen pada anaknya, dan sifat-sifat lain yang ada pada diri orang tua.

Hormon adalah zat kimia yang mengatur kerja tubuh. Hormon (sistem endokrin) mengalir di dalam aliran darah manuia. Hormon Gonad (penghasil reproduksi) contohnya, akan sangat berpengaruh pada psikologis manusia. Wanita memiliki hormon Progesteron yang membentuk fisik dan psikologisnya sebagai wanita, maka ia akan berperilaku selayaknya wanita. Sedangkan Pria memiliki hormon Testoteron yang membentuk fisik dan psikologisnya sebagai pria dan membentuk kepribadian seorang pria.

Faktor Eksternal yang mempengaruhi psikologis dan kepribadian manusia adalah lingkungan. Orang-orang yang ada di sekitarnya dapat membentuk pribadi manusia. Seorang anak yang diwariskan sifat pemarah sekalipun dapat dibentuk kepribadiannya menjadi seorang yang tenang dan sabar jika ia tinggal di lingkungan orang-orang yang emosinya stabil dan tidak tempramen.

Lantas, apa kaitan kepribadian dengan golongan darah? Jawabnya, TIDAK ADA. Karena psikologis manusia tidak dibentuk atau dipengaruhi oleh golongan darah. Tetapi dipengaruhi oleh gen, hormon dan lingkungan sekitarnya.

Sekian yang dapat saya jelaskan. Maaf jika ada banyak kesalahan. Saya sedang dalam proses belajar. Silahkan para pembaca meninggalkan kritik, saran, atau informasi tambahan di kolom komentar untuk menjadi pembelajaran bagi saya dan pembaca yang lainnya. Terima kasih :)




-syifaalmiraza

You Might Also Like

0 komentar